Kamis, 04 Agustus 2016

Lima Makanan Ini Bisa Kurangi Dampak Stres

Tags




       Stres bisa diakibatkan oleh banyak hal, termasuk tekanan pekerjaan, aktivitas, maupun pekerjaan sehari-hari di dalam rumah. Stres sendiri merupakan reaksi kimia dalam tubuh yang kemudian menyebabkan jantung berpacu hingga otot menjadi tegang.
       Stres bukan hal yang bisa lagi dihindarkan dari kehidupan masyarakat sekarang yang amat rentan dengan pola hidup penuh tekanan. Jika stres terus melanda, hal itu bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh, seperti rentannya seseorang terkena penyakit, resiko tekanan darah tinggi meningkat, diabetes dan bisa saja berakibat terkena depresi.
       Beberapa bahan makanan ini diklaim mampu untuk mengurangi stres, selain olahraga maupun meditasi, seperti dilansir dari laman Ehow berikut.
1. Dark chocolate

Cokelat diketahui mengandung Antioksidan yang dapat merangsang pelepasan seratonin pada otak. Bahan kimia ini dikenal mampu mengubah suasana hati menjadi lebih rileks dan bahagia. Dalam kandungan cokelat juga terdapat nutrisi untu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

2. Salmon

Salmon dikenal memiliki kandungan Omega-3 yang bukan semata baik untuk jantung, tapi menurut penelitian juga bisa membantu mengelola stres. Dalam daging ikan salmon, juga ada asam lemak esensial yang dapat melindungi neuron dari kerusakan karena stres.

3. Pisang

Buah ini diketahui selain memiliki kandungan serat yang tinggi dan berguna dalam diet, juga mampu mengurangi stres. Menurut dokter naturopati, Kathleen A, kekurangan vitamin B6, bisa menurunkan produksi seratonin. Selain itu, pisang juga kaya akan bahan kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

4. Teh hijau dan Teh hitam
       Di dalam teh terdapat kandungan Asam amino yang mampu meningkatkan produksi dopamin dan seratonia dalam tubuh. Walaupun hanya secangkir teh hijau terkadang mengandung kafein yang lebih banyak dari kopi, tapi pada beberapa orang hal ini mengakibatkan perasaan senang dan relaksasi
      
5. Kacang
Kacang mengandung vitamib B, selain itu juga tinggi protein, serat, dan zat besi. Setengah cangkir kacang apa pun, seperti kacang merah, kacang hitam, atau pun  buncis dapat membantu seseorang seseorang mendapatkan vitamin B yang berdampak pada penurunan stres.

      
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon