Sabtu, 27 Agustus 2016

Menurut Saksi Ahli Sidang Jessica Bisa Secepatnya Diputuskan Meskipun Tanpa Bukti

Tags

    Seorang pakar hukum Edwar Omar Sharif Harie dari salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan pernyataan terkait kasus sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin dengan tersangka Jessica yang berlangsung di cafe Olivier kemaren, menyatakan bahwa bukti langsung atau disebut juga direct evidence bisa tidak di perlukan dalam pembuktian suatu perkara tindak pidana.
   "Adanya direct evidence dalam sebuah hukum pembuktian suatu perkara,bisa berupa bukti langsung dan juga circutantial evidence yaitu pembuktian secara tidak lansung dengan menggunakan dasar pada fakta-fakta yang bisa di jadikan sebagai alat bukti untuk dibuktikan". Pernyataan Edwar selaku pakar hukum.
     Edwar juga menjelaskan tentang circumtantial evidence yang bisa didapat dari berbagai sumber melalui keterangan saksi-saksi. Adapun saksi-saksi tersebut bisa berupa keterangan dari saksi ahli yang berdasar pada keilmuannya,keterangan atau kesaksian dari terdakwa dan juga keterangan yang di dapat dari dalam sidang yang sedang berlangsung tersebut. Hal tersebut dapat di jadikan pertimbangan bagi majelis hakim dalam memutuskan suatu perkara tindak pidana.
     Hal yang ditanyakan usai mendengarkan keterangan dari saksi ahli oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)  yaitu mengenai keterangan dari saksi ahli tersebut. Apakah bisa dijadikan sebagai sarana atau alat bukti untuk majelis dalam memutuskan perkara dalam kasus yang sedang terjadi?.
     Menurut keterangan Edwar jenis-jenis keterangan ahli dibagi menjadi lima. Pertama dilihat daripada segi bahasa. Kedua keterangan ahli yang dilalui secara teknis atau melaui prosedur yang telah ditetapkan. Ketiga bisa berupa penjelasan suatu peristiwa berdasar fakta-fakta yang telah di himpun atau dikumpulkan sebelumnya, baik berupa media massa ataupun video yang bisa dilihat dan lain lain. Keempat yaitu penelitian yang dilakukan saksi ahli terhadap korban,pelaku dan juga alat yang digunakan untuk melakukan tindak pidana. Kelima keterangan saksi yang diberikan meskipun tanpa adanya pengamatan secara langsung atau melakukan observasi.
     Dapat di ketahui juga bahwa kesaksian ahli yang memiliki corak tidak di perkenankan menangani kasus yang konkret suatu perkara yang sedang berlangsung dalam persidangan.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon