Senin, 22 Agustus 2016

Nasib 177 Warga Indonesia yang Ditahan Filipina

Tags



       Sejumlah 177 warga negara Indonesia yang berada di Filipina dan tertangkap akibat ketahuan menggunakan paspor palsu untuk terbang menuju ke Arab Saudi guna menunaikan ibadah haji masih di tahan.
       Dari perkembangan terakhir, diketahu jika otoritas Filipina yang bertanggung jawab untuk persoalan imigrasi akan meneruskan kasus ini ke pengadilan guna membongkar sindikat pemalsuan paspor di negara tersebut.
       Perlidungan WNI (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia di Kementerian Luar Negeri, Lalu Ahmad Iqbal memberikan penjelasan mengenai nasib sejumlah WNI di sana.
       “Sejak awal upaya yang kita lakukan arahnya untuk menempatkan WNI sebagai korban. Mereka fokusnya hanya mau cari jalan naik haji. Jadi kalaupun akan dibawa ke pengadilan, mungkin ada beberapa yang akan diminta tetap tinggal sebagai saksi korban, bukanse sebagai tersangka” kata Iqbal.
       Namun pengecualian berlaku untuk WNI yang diketahui terlibat menjadi bagian dari sindikat tersebut.
       Iqbal melanjutkan, pada Sabtu malam (20/8/2016), verifikasi verbal terhadap sejumlah WNI yang ditahan di Detensi Imigrasi Camp Bagong Diwa Bicutan, Manila telah selesai.
       Dari pemeriksaan diketahui 100 di antaranya adalah wanita, sementara 77 sisanya adalah pria.
      
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon