Selasa, 16 Agustus 2016

Penelitian Ini Buktikan Malas Merupakan Ciri Kecerdasan

Tags



       Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa kemalasan merupakan salah satu ciri dari seseorang yang memiliki kecerdasan.
       Temuan dari study yang dilakukan di Amerika menguak fakta bahwa seseorang dengan IQ tinggi adalah orang-orang yang mudah bosan dengan sesuatu, maupun aktifitas tertentu hingga membuat mereka lebih cenderung menghabiskan waktu dengan berpikir, dan membuat mereka nampak lebih malas jika dibandingkan dengan individu aktif lainnya.
       Sebaliknya seseorang yang cenderung aktif secara fisik akan membutuhkan aktifitas eksternal untuk merangsang pikiran mereka.

       Peneliti di Gulf Coast Uneversity memberi sejumlah tes klasik pada kelompok mahasiswa. Kuisioner tersebut diberikan untuk menunjukan kemampuan kognisi, akan meminta peserts untuk menilai seberapa kuat mereka percaya pada sebuah pernyataan “Saya sangat menikmati sebuah tugas yang membutuhkan pemecahan atas suatu masalah” dan “Saya berpikir semampu saya.”
       Penelitian yang dipimpin oleh Todd McElroy kemudian memilih 30 orang pemikir dan 30 orang malas pemikir dari semua kandidat.

       Mereka akan dipantau selama tujuh hari berikutnya, sambil mengenakan sebuah alat di pergelangan tangan untuk mendeteksi pergerakan dan tingkat aktifitas mereka. Alat ini juga menunjukkan data keaktifan mereka secara fisik.
       Hasilnya menunjukkan jika pemikir jauh lebih  aktif jika dibandingkan kelompok non pemikir selama seminggu. Temuan ini kemudian dipublikasi ke dalam Jurnal of Health Psikology, yang sangat signifikan dan kuat menyangkut statistik.

       Sedangkan di akhir pekan ditemukan tak ada perbedaan jauh dari dua kelompok tersebut, yang hingga saat ini masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah.
       Para peneliti menyatakan jika temuan ini menunjukkan orang-orang bahwa orang-orang yang tidak suka berpikir adalah juga mudah bosan dan membutuhkan waktu untuk melakukan aktifitas secara fisik.

       Todd menekankan bahwa menjadi pemikir dan orang yang malas dapat menjadi negatif. Ia memberi saran, kalau bahwa orang yang kurang aktif, walaupun pandai juga harus meningkatkan aktivitas untuk tujuan kesehatan.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon