Selasa, 23 Agustus 2016

Presiden Filipina Ancam Keluar dari PBB

Tags



       Perang terhadap narkoba yang gencar dilakukan oleh presiden baru Filipina Rodrigo Duterte menuai banyak kritikan dari dunia internasional. Hal ini pun membuat Duterte mengancam akan keluar dari PBB, mengingat kritikan yang didapat olehnya.
       Semenjak menjabat pada 30 Juni lalu, sebanyak 1.500 orang tersangka pengedar narkoba di Filipina tewas. Alasan inilah yang membuat PBB dan berbagai organisasi pembela HAM angkat bicara.
       Duterte yang juga merupakan mantan pengacara yang sering blak-blakan itu sudah mengingatkan pada PBB agar tidak turut campur dalam urusan dalam negeri Filipina.
       “Mungkin kami akan memutuskan untuk berpisah dari PBB, jika PBB tak memiliki rasa hormat. Kami akan meninggalkan PBB,” katanya dalam konfrensi pers di kampung halamannya Davao.
       Bukan hanya mengancam untuk keluar, ia juga mengatakan jika perlu dia akan membentuk organisasi tandingan.
       “Saya akan undang semua negara. Saya mungkin akan undang China dan negara-negara Afrika” lanjutnya lagi.
       Agnes Callamard yang merupakan pelapor khusus untuk PBB mengatakan pada pekan lalu, kalau duterte menjanjikan kekebalan hukum serta hadiah pada anggota kepolisian yang mampu membunuh tersangka pengedar narkoba. Hal ini dianggap melanggar hukum internasional.
       Ban Ki-moon yang menjabat sebagai Jenderal PBB pernah melontarkan kritik atas pidato Duterte yang pernah berjanji akan membunuh 100.000 orang pelaku kriminal dan membuang mayat mereka ke Teluk Manila sebagai makanan ikan.
       Mendapat kecaman dari banyak pihak tak membuat Duterte menghentikan keinginannya. Ia bahkan mengkrtitik balik organisasi dunia itu, dengan membandingkan peristiwa perang yang terjadi di Timur Tengah dan kelaparan di Afrika yang hingga kini tak bisa ditangani oleh PBB.
       Dari catatan kepolisian Filipina, semenjak Duterte menjabat, sebanyak 665 orang tersangka pengedar narkoba tewas di tembak pihak polisi, sedangkan 900 orang lainnya dibunuh orang tak dikenal.  
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon