Selasa, 02 Agustus 2016

Tax Amnesty Pajak di Indonesia

Tags

     

  Mentri Keuangan yang baru menjabat setelah di adakan Resufle Kabinet, Sri Mulyani Indrawati meminta kepada segenap masyarakat dan seluruh Warga Negara Indonesia untuk dengan jujur mengungkapkan harta kekayaan yang mereka miliki, melalui program pengampunan pajak (tax amnesty). Pihak pemerintah Indonesia sendiri, menawarkan tarif uang tebusan yang cukup rendah bagi para pemohon yang mendeklarasikan harta mereka di dalam negeri, maupun repartiasi aset dari luar negeri.
       Sri Mulyani mengatakan, bahwa amnesti pajak adalah program penghapusan atas pajak yang seharusnya terhutang. Dihapusnya sanksi administrasi pajak, juga penghapusan pidana bidang perpajakan untuk kewajiban pajak sebelum tanggal 31 Desember 2015. Yang harus dilakukan adalah, para Wajib Pajak mengungkap harta dan membayar uang tebusan.
       “Bagi yang sudah memiliki Nmor Pojok Wajib Pajak (NPWP), SPT dan selama ini hanya melaporkan harta kekayaan yang sebenarnya belum sepenuhnya, ini saatnya mengungkap seluruh harta kekayaan yang belum diungkapkan pada SPT sebelum 31 Desember 2015” ujarnya ketika ditemui pada Sosialisasi Tax Amnesty di JIExpo Kemayoran, Jakarta (Senin/1/7/2016).
       Melanjutkan himbauan sebelumnya, bahwa Wajib Pajak juga harus membayar uang tebusan untuk mendapatkan pengampunan pajak. Seperti dicakup dalam Undang-undang Tax Amnesty, bahwa tarif uang tebusan bagi yang mendeklarasikan hartanya di dalam maupun dari repatriasi dana, dikenakan 2 persen di periode pertama sampai dengan September 2016.
       Kemudian akan meningkat menjadi 3 persen pada periode Oktober sampai Desember 2016. Disusul menjadi 5 persen pada periode ketiga, Januari sampai Maret 2017. Tarif uang tebusan ini, dinilai paling rendah. “Untuk ukuran dunia, tarif 2 persen dan 3 persen itu sudah paling rendah. Itu tarif tebusan sangat kecil dibanding kalau dihitung dengan pajak biasa” lanjutnya lagi. 
       
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon