Rabu, 24 Agustus 2016

Warga Israel Juga Inginkan Kemerdekaan Untuk Warga Palestina

Tags



       Jajak pendapat yang dilakukan dengan melibatkan warga Israel dan Palestina pada Senin (22/8/2016) menunjukkan jika kedua warga di masing-masing wilayah mengharapkan perdamaian.
       Seorang pakar ilmu politik Israel bernama Tamar Herman dan seorang dari sebuah lembaga riset Palestina bernama Khalil Shikaki berinisiatif membuat jajak pendapat tersebut.
       “Melihat situasi ini maka hasil survei ini sebenarnya tak terlalu bagus tetapi juga tak terlalu buruk. Setidaknya, ada optimisme dengan kepemimpinanyang tepat. Saat ini saya tak melihat ada pemimipin di kedua belah pihak yang mampu menggunakan hasi survei ini sebagai dasar untuk mengintensifkan negosiasi” kata Tamar.
       Dari hasil survei didapatkan 51 persen warga Palestina dan 59 persen dari warga Israel mendukung solusi dua negara untuk berakhirnya konflik antar dua negara.
       53 persen warga Israel mendukung kemerdekaan Palestina, jumlah yang lebih besar yaitu 87 persen warga Palestina  mengharapkan kemerdekaan negara mereka.
       Di samping itu, hanya sedikit rakyat dari dua negara yang mendukung berdirinya satu negara yang dihuni bersama dengan hak dan kewajiban yang sama.
       Dua dekade kegagalan dalam upaya mengakhiri konflik di negara tersebut membuat hasil survei menunjukkan jika, 89 persen warga Palestina menganggap kalau warga Israel tak bisa dipercaya dan 68 persen dari warga Israel memiliki pendapat serupa terhadap warga Palestina.
       Masih dengan survei yang sama menunjukkan kalau sebanyak 68 persen warga Israel merasa takut pada warga Palestina, sedangkan hanya 45 persen dari warga Palestina yang merasakan hal tersebut.
       Jajak pendapat ini melibatkan 1.270 warga Plaestina dan 1.184 warga Israel. Survei ini digelar pda Juni lalu dengan margin error sebanyak 3 persen saja.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon