Kamis, 18 Agustus 2016

Yusril Pertanyakan Alasan Gloria Diberi Izin Ikut Rombongan Paskibraka

Tags




       Yusril Ihaza Mahendra yang merupakan seorang Pakar Hukum Tata Negara mempertanyakan alasan dibalik diperbolehkannya Gloria Natapradja Hamel untuk ikut dalam rombongan Paskibraka penurunan bendera.
       Gloria yang diketahui memeiliki paspor Prancis sempat tak mendapat izin untuk ikut bertugas dalam pengibaran bendera HUT RI ke-71 di Instana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2016 kemarin.
       “Presiden Jokowi dan Wapres JK harus menjelaskan apa dasar hukum keduanya membolehkan Gloria ikut menururnkan bendera, setelah Gloria bertemu keduanya di Istana kemarin pagi” ujar Yusril dalam keterangan tertulisnya, Rabu malam.
       “Apakah dibolehkannya Gloria menurunkan bendera menunjukkan pengakuan bersalah Presiden dan Wakil Presiden untuk menghindari gugatan Gloria dan orangtuanya karena merasa telah dipermalukan?” kata Yusril.
       Menurutnya hal ini terjadi karena kelalaian dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam melakukan perekrutan anggota Paskibraka.
       Yusril juga menjelaskan, jika berdasarkan Peraturan Menpora No. 0065/2015 syarat untuk menjadi pasukan paskibraka adalah seorang WNI.
       Berdasarkan UU No. 62/1958 yang berlaku ketika Gloria yang merupakan kelahiran tahun 2000, maka seharusnya dia merupakan seorang warga negara Prancis dan bukan merupakan seorang WNI. Hal ini berdasarakan UU 62/1958 yang mengatur mengenai kewarganegaraan, maka pertalian darah menurut pada garis ayah.
      

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon