Selasa, 20 September 2016

Sapi ini menjadi terkenal karena wajahnya diblur Google

Tags

Google Street View saat ini telah menerapkan kebijakan untuk melindungi privasi individu dengan cara mengaburkan wajah seseorang atau nomor plat kendaraan. Tetapi, orang-orang bertanya-tanya pada saat tindakan itu dilakukan pada seekor sapi. Agustus 2015 yang lalu, kamera Google Street View sedang mengabadikan pemandangan di sepanjang River Cam yang berada di sebuah sungai di Cambridge, Inggris.


Ketika kamera sedang berjalan melalui padang rumput yang disebut Coe Fen, seekor sapi menyeberang jalan kecil di pinggir sungai. Tapi belum diketahui alasannya, Google Street View kemudian memutuskan untuk mengaburkan muka si sapi yang tidak ditahui namanya itu.

Hewan itu diperlakukan sama seperti manusia. Wajah sapi itu mula-mula dapat dilihat dengan jelas saat tengah merumput di dekat sungai Sungai Cam pada foto yang diambil dari jarak sedikit lebih jauh. Tetapi Google mengaburkan wajah hewan itu untuk tampilan dekat. Saat editor The Guardian, David Shariatmadari menemukan wajah sapi yang di-blur itu, ia lalu menangkap gambarnya dan membagikannya di Twitter. "Sungguh luar biasa, betapa Google dengan serius menjaga privasi sapi," tulis dia.

Netizen pun langsung ramai berkomentar. Cuitan Shariatmadari di-retweet lebih dari 9.000 kali, beberapa dibumbui gurauan soal sapi. Pihak raksasa mesin pencarian itu akhirnya mengakui, teknologi milik mereka mungkin terlalu 'bersemangat'.

"Kami pikir Anda menarik satu ekor ketika kami menggiring kawanan sapi, tapi jelas bahwa teknologi pemburam wajah yang dimiliki Google terlalu antusias," kata juru bicara Google pada BBC. "Tentu saja, kami tidak iri pada ketenaran sapi ini yang hanya 5 menit." dilansir dari liputan6.

PolisiOnline.net adalah Situs Perlawanan Terhadap Kejahatan Internet (Cyber Crime) yang dipersembahkan oleh RIZALmedia. Hubungi : Kontak PolisiOnline.net.


EmoticonEmoticon